Kamis, 21 Februari 2013

Masuk angin

 Masuk angin

Masuk angin.jpg
Masuk angin adalah suatu "penyakit" yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini. Penyakit ini mirip influenza karena gejala dan penyebabnya hampir sama. Masuk angin biasanya dianggap sekadar mitos di dunia kedokteran tetapi kenyataannya banyak sekali penderitanya.
Hanya orang Indonesia yang menderita masuk angin sedangkan orang asing tidak pernah mengalaminya. Kalangan ekspatriat di Indonesia tentu bingung dengan istilah masuk angin, penyakit yang dipahami disebabkan angin yang masuk ke tubuh. Mereka baru mengerti setelah mendengar kata catching cold. Istilah masuk angin ini paling tepat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi catching cold. Dan masuk angin yang ini rupanya sering dibahas dalam forum kaum ekspatriat di internet.[1]

Daftar isi

Penyebab

Biasanya penyebab utamanya adalah udara dingin yang berlebihan. Contohnya adalah terlalu lama di ruangan AC, bermain hujan-hujanan, cuaca yang dingin, dan lainnya. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak tertawa, salah makan, kurang kentut, atau karena terlalu lelah.[1] Masyarakat langsung menyebut masuk angin setiap kali merasa badan tidak enak. Badan tidak enak yang dikarenakan masuk angin, umumnya terjadi di masa pergantian cuaca dari musim kemarau ke penghujan atau sebaliknya (pancaroba). Di masa peralihan itu angin seringkali bertiup kencang. Angin sering disalahkan karena masuk ke tubuh tanpa permisi dan menyebabkan badan terasa tak enak. Angin sering dituduh masuk ke tubuh tanpa permisi ketika tubuh terekspos angin yang bertiup kencang.
Saat di musim bukan pancaroba pun "angin tak diundang" ini sering menghinggapi orang-orang tertentu. Penyakit ini acapkali singgah di tubuh orang yang sering begadang, kurang tidur atau kurang istirahat. Gara-gara angin, penderitanya jadi merasa tak enak badan ketika bangun di pagi hari.
Masuk angin sebenarnya merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal itu, terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Kalau sudah begini, inilah yang disebut masuk angin.
Sebenarnya penyebabnya bukan cuaca dingin, bukannya anginlah yang memicu terjadinya masuk angin. Cuaca dingin yang menyergap tubuh menimbulkan mekanisme vasoconstriction atau penyempitan pembuluh darah. Sebenarnya penyempitan pembuluh darah ini merupakan mekanisme tubuh untuk menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalori berlebihan dari tubuh, sehingga tubuh tidak perlu mengalami penurunan suhu atau hipotermia. Namun, dampak kurang menyenangkan dari penyempitan pembuluh ini adalah peredaran darah menjadi kurang lancar. Akibatnya, hasil metabolisme, berupa asam laktat, terakumulasi pada otot-otot. Inilah yang membuat badan jadi terasa pegal-pegal.
Cuaca dingin dapat menyebabkan rambut-rambut sel di saluran napas lambat bergerak. Padahal, mereka berfungsi untuk mengeluarkan lendir, bakteri, dan virus. Perlambatan ini juga menyebabkan seseorang menjadi rentan terkena infeksi seperti batuk, pilek, dan lain-lain.
Perihal perut kembung terisi gas, bisa terjadi akibat cuaca dingin yang menyebabkan perlambatan gerak peristaltik usus. Perlambatan inilah yang menyebabkan gas tertampung di saluran cerna, sehingga perut terasa kembung dan penuh (begah). Dan akhirnya perut akan tertekan oleh gas dan menyebabkan rasa mual sehingga menekan nafsu makan.
Penderita masuk angin akan mengalami perut kembung, karena banyaknya gas yang berkumpul di dalam perut.

Gejala

Gejala masuk angin antara lain :
  • Tubuh terasa tidak nyaman (meriang/menggigil)
  • Selalu merasa kedinginan (terutama di ujung jari kaki dan tangan)
  • Cegukan
  • Perut kembung
  • Mudah lelah
  • Sering mengantuk
  • Pilek
  • Demam
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Berkeringat dingin
  • Sulit untuk mengeluarkan kentut maupun bersendawa
  • Nafsu makan berkurang

Pengobatan

Masuk angin ini termasuk penyakit penting tetapi kurang penting. Penting sebab meskipun di luar negeri tidak dikenal, di Indonesia banyak sekali penderitanya. Bisa dianggap kurang penting sebab ini termasuk penyakit yang hilang sendiri setelah penderitanya minum teh manis hangat atau air jahe hangat dan kerokan.[1] Bisa juga dengan meminum teh peppermint, karena peppermint berfungsi sebagai dekongestan, ekspektoran dan antivirus yang dapat meredakan nyeri tenggorokan dan melegakan batuk.[2]
Pengobatan yang biasanya dilakukan adalah dengan diurut, digosok dengan minyak gosok (dikerok), atau minum air hangat. Selama menderita masuk angin, penderita tidak boleh berada di ruangan dingin (terutama ruangan AC) dan tidak boleh terlalu lelah. Karena ini, banyak orang pernah tewas akibat heatstroke, yang merupakan kondisi medis yang nyata. Secara medis, dokter akan memberi parasetamol, vitamin, dan obat penenang. Dan tentu saja pasien dianjurkan untuk beristirahat.
Meskipun tidak mengenal istilah masuk angin, orang dari belahan dunia Barat mengatasi gejala pegal linu, kembung, batuk pilek, pusing, mual, dan lain-lainnya dengan memakan sup panas, minum obat flu yang dijual bebas, dan beristirahat di tempat tidur yang hangat. Tindakan mereka ini sama dengan yang dianjurkan para dokter. Dianjurkan untuk memilih sup ayam, karena sup ini berguna sebagai anti radang yang meredakan gejala masuk angin.[2]
Berbeda dengan masyarakat Barat, masyarakat Indonesia khususnya dari Pulau Jawa mengatasi masalah masuk angin dengan minum teh hangat atau air jahe hangat. Untuk menghangatkan badan, tubuh dibaluri minyak telon atau minyak kayu putih. Meski demikian, tindakan yang paling populer untuk mengusir angin adalah kerokan.
Penderita maag atau penderita keluhan lambung harus berhati-hati dengan jahe. Alih-alih menyembuhkan masuk angin, jahe bisa membuat iritasi lambung jadi tambah parah. Jahe yang merupakan rempah dari akar ini sudah lama disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari mual dan artristis sampai infeksi saluran nafas atas.[2] Bawang Putih yang mengandung senyawa allicin, terbukti punya fungsi antibakteri dan antijamur.[2] Meminum Jus Jeruk, karena buah jeruk penuh dengan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan alami dan membantu tubuh melawan infeksi.[2]
Penderita yang akan sembuh biasanya ditandai dengan keluarnya angin melalui anus (kentut) atau melalui mulut (bersendawa), dan terkadang bisa juga ditandai dengan muntah (hanya 1-2 kali,bukan terus-menerus). Umumnya bau kentut penderita masuk angin hampir atau tidak menyengat sama sekali.


Lima Alternatif Obat Masuk Angin

Ghiboo.com - Tidak harus mengkonsumsi obat jika Anda mengalami masuk angin. Sebagaimana dilansir dari Esquirer Indonesia, ada lima alternatif obat masuk angin. Ini dia:
Sup Ayam

Para peneliti dari Nebraska University menemukan bahwa sup berguna sebagai anti radang yang meredakan gejala masuk angin.
Bawang Putih

Mengandung senyawa allicin, yang terbukti punya fungsi antibakteri dan antijamur.
Jus Jeruk

Vitamin C merupakan antioksidan alami dan membantu tubuh melawan infeksi. Buah jeruk penuh dengan vitamin C, jadi cobalah minum jus saat masuk angin.
Teh Pappermint

Pappermint punya berbagai fungsi sebagai dekongestan, ekspektoran dan antivirus yang dapat meredakan nyeri tenggorokan dan melegakan batuk.
Jahe

Rempah dari akar ini sudah lama disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari mual danartristis sampai infeksi saluran nafas atas.


Obat Sakit Kepala dan Masuk Angin Paling Manjur


Sakit kepala dan masuk angin memang sangat mengganggu sekali aktivitas sehari-hari kita apalagi itu bisa membuat kita lumpuh dalam aktivitas sehingga harus segera diatasi dengan obat sakit kepala dan masuk angin paling manjur yang terbuat dari bahan alami tanpa ada campuran bahan kimia. Mengapa harus dengan yang alami? karena apabila kita menggunakan pengobatan sakit kepala dan masuk angin dengan obat yang berbahan kimia maka akan menimbulkan efek samping sehingga akan terjadinya penyakit baru dalam tubuh kita berbeda dengan yang alami apabila sudah dinyatakan sembuh pengobatan bisa dihentikan dan tanpa akan menimbulkan efek samping. Salah satu obat sakit kepala dan masuk angin yang terbuat dari bahan alami adalah jamu ace maxs yang terbuat dari kombinasi antara kulit manggis dan daun sirsak memiliki 5 manfaat utama yang nanti akan dijelaskan pada artikel ini. Bagi anda yang ingin merasakan khasiat serta manfaat dari jamu ace maxs untuk mengatasi sakit kepala dan masuk angin silahkan pesan sekarang juga, barang sampai dengan baik baru transfer pembayaran. Informasi pemesanan silahkan klik Cara Pemesanan Ace Maxs

Apa Itu Sakit Kepala dan Masuk Angin?


Obat Sakit Kepala dan Masuk Angin - Sakit kepala adalah masalah universal dengan prevalesnsi hampir 99% dan merupakan alasan paling umum untuk rujukan neurologis, sakit kepala secara medis dikenal sebagai cepchalalgia atau dilafalkan cephalgia yang merupakan suatu kondisi terdapatnya rasa sakit didalam kepala. Terkadang sakit dibelakang leher atau punggung bagian atas disebut sebagai sakit kepala karena jenis penyakit ini merupakan penyakit yang sering diutarakan. Salah satu jenis sakit kepala yang sering dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah atau migrain karena serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang dengan tiba-tiba. Penderita migrain akan merasakan nyeri yang berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik, biasanya disertai juga dengan ganggguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan. Hal itu tentu amat mengganggu dan bisa menghambat segala aktifitas si penderita.

Obat Sakit Kepala dan Masuk Angin, - Sedangkan masuk angin sendiri adalah suatu penyakit yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata dalam tubuh. Masuk angin diyakini menjadi penyakit yang nyata namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung kalim ini. Penyakit yang mirip dengan influenza ini gejala dan penyebabnya hampir sama. Masuk angin biasanya hanya dianggap sekedar mitos dunia kedokteran tetapi kenyataannya banyak sekali penderitanya. Hanya orang indonesia saja yang menderita masuk angin sedangkan orang asing tidak pernah mengalaminya. Kalangan ekspatriat di Indonesia tentu bingung dengan istilah masuk angin penyakit yang dipahami disebabkan angin masuk kedalam tubuh. Biasanya penyebab utama dari masuk angin adalah udara dingin yang berlebihan contohnya seperti terlalu lama didalam ruangan AC, cuaca yang dingin, bermain hujan-hujanan, terlalu banyak tertawa, salah makan, kurang kentut, atau karena terlalu lelah dan masih banyak yang lainnya. Gejala dari masuk angin sendiri adalah tubuh tidak terasa nyaman (meriang, menggigil), selalu merasa kedinginan, cegukan, perut kembung, mudah lelah, sering mengantuk, pilek, demam, diare, mual, muntah, berkeringat dingin, sulit untuk mengeluarkan kentut maupun bersendawa dan nafsu makan berkurang. Untuk mengatasinya segeralah konsumsi jamu ace maxs obat sakit kepala dan masuk angin paling manjur.

Jamu Ace Maxs Obat Sakit Kepala dan Masuk Angin Paling Manjur


Jamu ace maxs merupakan obat sakit kepala dan masuk angin paling manjur yang terbuat dari perpaduan antara kulit manggis dan daun sirsak terbukti ampuh dan efektif mengobati sakit kepala dan masuk angin tanpa akan menimbulkan efek samping. Mengapa jamu ace maxs dikatakan sebagai obat sakit kepala dan masuk angin? karena saya selaku distributor resmi penjual jamu ace maxs merasakan sendiri khasiat serta manfaat jamu ace maxs untuk mengatasi sakit kepala dan masuk angin yang saya derita sebelumnya namun sekarang sudah sembuh, untuk itu saya ingin membagikan cerita sederhana kesembuhan saya dari sakit kepala dan masuk angin dengan jamu ace maxs. Pada hari sebelumnya saya merasakan sakit kepala yang berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik namun saya mengabaikan gejala tersebut tanpa melakukan pengobatan dan istirahat malah melanjutkan aktivitas saya namun pada besok paginya saya merasakan sakit kepala tersebut bersamaan dengan tubuh tidak merasa nyaman, meriang dan menggigil sehingga saya berhenti untuk beraktivitas dan memutuskan untuk beristirahat dan minum obat, tapi itu tidak ada perubahan sama sekali. Dan akhirnya saya melakukan tindakan yaitu kerokan setelah kerokan saya konsumsi jamu ace maxs 30 ml lalu istirahat dan tidur. Setelah bangun dari tidur saya badan saya serasa lebih enak dan sakit kepalanya terasa mendingan akhirnya saya melanjutkan konsumsi jamu ace maxs hingga sakit kepala saya sembuh. Maka dari itu bagi anda yang mempunyai keluhan sakit kepala dan masuk angin sebaiknya segera konsumsi jamu ace maxs obat sakit kepala dan masuk angin karena saya sudah merasakan sendiri khasiat dan manfaatnya.

Berikut 5 Manfaat Utama Jamu Ace Maxs Obat Sakit Kepala dan Masuk Angin Paling Manjur


  • Konsumsi jamu ace maxs malam hari membuat tidur lebih nyenyak
  • Konsumsi jamu ace maxs pagi hari menambah energi dan vitalitas
  • Jamu ace maxs dapat membantu mencegah penuaan dini (anti aging)
  • Jamu ace maxs dapat membantu meningkatkan hormon pada pria dan wanita
  • Jamu ace maxs dapat membantu mengatasi penyakit degeneratif (jantung, kanker, stroke, diabetes, Alzheimer, dan berbagai penyakit lainnya).
Penjelasan diatas merupakan bukti nyata bahwa jamu ace maxs bisa dijadikan sebagai obat sakit kepala dan masuk angin. Aman untuk dikonsumsi dan tidak akan memberikan efek samping buruk pada organ tubuh lainnya. Untuk itu bagi anda yang mempunyai keluhan sakit kepala dan masuk angin segeralah konsumsi jamu ace maxs obat sakit kepala dan masuk angin paling manjur. Untuk pemesanan silahkan kirim SMS dari ponsel anda dengan menggunakan format pemesanan di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar